Darojatun, Nunun (2024) Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini di RA Persis 3 Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Insan Cendekia Mandiri.
1. Sampul.pdf
Download (415kB)
2. Abstrak.pdf
Download (151kB)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
5. Bab III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (769kB)
6. Daftar Pustaka.pdf
Download (278kB)
7. Lampiran.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang optimalnya penanaman nilai-nilai budi pekerti pada anak usia dini di RA Persis 3 Kota Bandung. Sehingga dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahan mengenai: 1) nilai-nilai budi pekerti yang di tanamkan pada anak usia dini di Ra Persis 3 Kota Bandung; 2) faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti di Ra Persis 3 Kota Bandung; 3) upaya peningkatan yang di lakukan guru dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti pada anak usia dini Ra Persis 3 Kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, serta peserta didik. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, maka hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Secara keseluruhan, penanaman nilai nilai budi pekerti pada anak usia dini di RA Persis 3 Kota Bandung telah dilaksanakan secara efektif dan sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pusat Kurikulum Depdiknas, sementara itu nilai-nilai budi pekerti yang di tanamkan pada anak usia dini di Ra Persis 3 Kota Bandung yaitu meliputi nilai keagamaan, nilai sopan santun, nilai kebersihan, nilai kepekaan sosial emosi, dan nilai kejujuran serta tanggungjawab; 2) faktor pendukungnya yaitu guru-guru yang kompeten di bidangnya, struktur organisasi yang sudah tersusun rapih, sarana dan prasarana yang lengkap, serta waktu belajar yang cenderung lama jika di bandingkan dengan sekolah lain. Faktor penghambatnya yaitu siswa dan orang tua yang memiliki berbagai macam karakteristik, serta tidak terjadinya keselarasan antara sekolah dengan orang tua; 3) upaya peningkatan yang dilakukan guru dalam penanaman nilai nilai budi pekerti yaitu dengan menggunakan cara-cara khusus seperti memberikan penyampaian materi yang baik, memberikan teladan atau contoh yang baik, dan memberikan parenting, edukasi, serta pendekatan dengan orang tua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat > 2023 |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Repository UICM |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:19 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 07:25 |
URI: | http://repository.uicm.ac.id/id/eprint/19 |