PENERAPAN SIX PILLARS OF CHARACTER UNTUK MEMBANGUN KUALITAS KARAKTER ANAK

Astuti, Livia and Nurjanah, Nurjanah (2022) PENERAPAN SIX PILLARS OF CHARACTER UNTUK MEMBANGUN KUALITAS KARAKTER ANAK. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 4 (2): 4. pp. 449-455. ISSN 2685-9084

[thumbnail of 2. JP3M vol 4 No 2 (Dec_2022), 449-455, 03.10.22.pdf] Text
2. JP3M vol 4 No 2 (Dec_2022), 449-455, 03.10.22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Abstrak: Pendidikan Karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, dan kerja keras. Tujuan utamanya yaitu mempromosikan manusia yang tangguh, baik secara individu atau dalam kelompok. Pendidikan karakter penting diberikan pada anak sedini mungkin agar ketika dewasa, mereka sudah memiliki jiwa yang tangguh, karakter dan etika yang baik. Pendidikan karakter yang diberikan pada anak usia dini di TK Mutiara Bandung menggunakan pola Six Pillar of Character dengan isi seperti berikut. Trustworthiness, Respect, Responsibility, Fairness, Caring, dan Citizenship. Pendidikan karakter anak menggunakan keenam pilar karakter tersebut diberikan kepada anak usia dini melalui pelajaran ataupun sambil bermain. Karena anak sejatinya harus lebih banyak bermain, maka guru menyematkan enam pilar karakter kedalam permainan dan perilaku harian antara guru dengan siswa, maupun guru dengan guru, mengingat anak itu lebih banyak mengingat sesuatu dari penglihatannya
daripada pendengarannya. Anak-anak tentu akan lebih mudah mencontoh dari perilaku yang dilihatnya ketimbang dari kalimat suruhan apalagi kalimat paksaan. Penerapan enam pilar karakter ini dinilai cukup baik sebagai dasar bekal pembentukan diri anak-anak usia dini. Pendidikan karakter ini dinilai bagus untuk dikembangkan lagi kedalam sebuah penelitian lanjutan hingga tahap pembenahan karakter remaja yang sudah terlanjur dinilai jelek oleh masyarakat.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > JP3M - Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Livia Astuti
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:27
Last Modified: 07 Feb 2024 04:28
URI: http://repository.uicm.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item
View Item