PENINGKATAN MUTU “ELECTRONIC LEARNING” PADA ERA PANDEMI COVID-19

Astuti, Livia and Nurhasanah, Nina (2022) PENINGKATAN MUTU “ELECTRONIC LEARNING” PADA ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 4 (1). pp. 305-311. ISSN 2685-9084

[thumbnail of 1. JP3M, Vol 4 No 1, (Maret_2022), 305-311.pdf] Text
1. JP3M, Vol 4 No 1, (Maret_2022), 305-311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)

Abstract

Pendidikan Nonformal, layanan pendidikan alternatif, pencukup, juga pelengkap dari Pendidikan Formal sebagai bentuk partisipasi long life education. Terdampaknya dunia pendidikan karena pandemi Covid-19 menimbulkan masalah. Warga belajar, orang tua wali yang tidak memiliki gadget sebagai penunjang keberlangsungan pembelajaran online risau. Pelaksanaan pembelajaran antara warga belajar dan tutor
dilaksanakan melalui video call, absensi dilakukan menggunakan voice note yang semua tersedia pada aplikasi WhastApp. Materi-materi yang diberikan melalui bentuk video dengan waktu kurang dari 5 menit. Tujuan penelitian mencakup 1) Memahami efektifitas yang diterapkan pada pembelajaran online di era pandemi Covid-19; 2) Memahami keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis online berdasarkan keterlibatan warga belajar; 3) Memahami perkembangan mutu pembelajaran electronic learning. Tujuan tersebut diharapkan dapat menjadikan pembelajaran online pada era pandemi ini bermutu baik. Metode yang terapkan pada penelitian ini adalah Kuantitatif, suatu kajian penelitian untuk mendapat kebenaran dengan dilakukan pemahaman data secara teliti yang berupaya untuk mencari solusi pada masa sekarang dan bersifat terbarukan dengan menimbang keterkaitan faktor satu dengan dengan yang lainnya serta memberikan representasi secara jelas menyangkut motif, sifat-sifat, karakter yang khas atau untuk kemudian dijadikan suatu kesimpulan yang umum. Agregasi data menggunakan alat ukur observasi,
wawancara, angket dan studi literatur. Kesimpulan penelitian menunjukkan secara empirik, kegiatan pembelajaran melalui “electronic learning” dapat meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan kesetaraan program paket c pada era pandemi covid-19.

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak > JP3M - Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Livia Astuti
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:20
Last Modified: 07 Feb 2024 03:20
URI: http://repository.uicm.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item
View Item